Pengaman Motor 2 Titik Sentuh


Sekarang ini sepertinya orang gampang banget kehilangan motor. Pernah lihat video rekaman cctv maling motor lagi beraksi, hanya dibutuhkan kurang dari 2 menit, motor yang udah dikunci ganda hilang terbang bersama sang maling.

Kali ini Keminter coba berikan solusi pengaman motor dengan sensor titik sentuh. Jadi walaupun kunci kontak sudah sudah dihidupkan, kelistrikan motor tetap akan mati sampai pengendara menyentuh 2 titik sentuh secara bersamaan. Posisi titik sentuh bisa diletakkan dimana saja di body motor. Di video berikut ini kami berikan contoh dimana titik sentuh ditempatkan pada 2 baut body motor.


Sistem berfungsi untuk menonaktifkan sistem kelistrikan motor secara otomatis ketika switch kunci berubah posisi dari posisi on ke posisi off.
Untik mengaktifkan sistem kelistrikan motor dilakukan dengan mengaktifkan saklar kunci dan menyentuh dua terminal yang terpasang pada tempat tertentu dalam motor

Cara Menghidupkan Motor

  1. Putar posisi switch kunci ke posisi on (sistem kelistrikan motor belum aktif)
  2. Sentuh dua terminal yang terpasang pada tempat tertentu pada motor (sistem kelistrikan akan on)

Cara Mematikan Motor

Putar posisi switch kunci dari posisi on ke posisi off (sistem kelistrikan motor akan menjadi off)

Skema Rangkaian :

Gambar 1. Skema rangkaian Sensor Pengaman Motor

Komponen Rangkaian :

1. Satu buah transistor BC517 yang berfungsi sebagai saklar switch elektronik
2. Satu buah relay Omron DPDT 10A 12 V DC yang berfungsi sebagai penghubung dan pemutus arus listrik pada sistem kelistrikan motor
3. Resistor R2 dan R3 sebagai pengaman agar tidak terjadi kerusakan pada transistor jika terminal D dan E terhubung langsung.
4. Resistor R4 sebagai pembatas arus untuk kutub basis transistor.

Rangkaian yang sudah jadi dapat dilihat di foto di samping, yang dirakit sesuai dengan skema pada gambar 1.

Beberapa pin kabel yang perlu diperhatikan :
A : Merupakan kabel keluaran yang dihubungkan dengan Aki motor pada kutub positif atau pada switch kunci yang terhubung langsung dengan teganan 12 V Aki.
B : Merupakan kabel keluaran yang dihubungkan dengan switch kunci yang tidak terhubung dengan kutub positif Aki motor.
C : Merupakan kabel keluaran yang dihubungkan dengan Ground, bisa diambil dari rangka motor (seluruh bagian rangka motor terhubung ke Ground atau kutub negatif Aki motor.
D : Merupakan kabel keluaran yang dihubungkan dengan sensor titik sentuh.
E : Merupakan kabel keluaran yang dihubungkan dengan sensor titik sentuh.

Prinsip Kerja Rangkaian

Resistor R1 sebagai simulasi resistansi sensor sentuh, jika kedua sensor sentuh disentuh, maka kutub basis Transistor BC517 akan mendapatkan arus input yang cukup untuk mengaktifkan Transistor (mengalirkan arus dari collector-emitor dari Transistor), ketika Transistor aktif maka relay akan aktif, jika relay aktif (dan switch kunci utama aktif) maka kelistrikan motor akan on, kemudian resistor R4 akan mendapatkan tegangan dari switch kunci utama yang terhubung dengan kubut positif Aki (12 V) sehingga Transistor akan tetap pada posisi aktif meskipun sensor sentuh sudah dilepas, kelistrikan utama akan menjadi off ketika switch kunci berubah posisi dari on ke off.

Gambar gambar instalasi di bawah ini bisa dijadikan panduan, pada contoh ini kami meletakkan titik sentuh di 2 baut body motor.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *